Selasa, Desember 11, 2007 pada pukul 12:23 |
Ketika ditanya, manakah yang lebih murni, cintakah? Atau persahabatankah? Saya berani bertaruh, anda pasti bingung atau bimbang memilih dua opsi di atas, bukan? Ya, memang. Cinta dan persahabatan adalah dua hal dilematik yang akrab dan sering singgah dalam kehidupan anak muda. Banyak anak muda yang terperangkap dalam definisi dua hubungan ini. Namun, tidak sedikit juga yang beruntung bisa menikmati kedua-duanya tanpa menimbulkan “bentrokan batin”.
Cinta dan perashabatan sama-sama merupakan wujud dari sifat manusia yang senantiasa tidak betah hidup dalam kesendirian, dan butuh orang lain sebagai tempat berbagi. Cinta dan persahabatan juga tumbuh karena rasa percaya pada orang lain. Dan keduanya akan terus hidup, selama kita mengagumi/menyukai – suka, tidak selalu berarti cinta – orang yang bersangkutan. Lantas, dimanakah letak perbedaan keduanya?
Pertama, perbedaan yang dapat kita lihat adalah konsep rasa memiliki. Dalam cinta, rasa memiliki cenderung lebih ekstrem ketimbang dalam persahabatan. Kita boleh, dan berhak memiliki sebanyak apapun sahabat untuk kita. Tapi kalau orang yang dicintai? Jangan coba-coba memiliki lebih dari satu saja orang yang anda cintai. Cara pengungkapan sayang pun jadi faktor pembeda antara cinta dan persahabatan. Dalam percintaan, kita mengenal hadiah dan pernak-pernik yang romantis, kata-kata sanjungan, bualan-bualan gombal, bahkan ciuman. Namun dalam persahabatan, cukup ucapan terimakasih yang tulus, hadiah-hadiah sederhana, nasehat-nasehat, wejangan-wejangan, dsb.
Kemudian, perbedaan selanjutnya adalah individu tempat kita mencurahkan “perasaan”. Persahabatan, tidak mengenal diskrimasi gender. Semua bebas menjadikan siapa saja sebagai sahabatnya, baik cowok maupun cewek. Tidak aneh kalau cewek bersahabat dengan cowok. Juga tidak ganjil, kalau cowok bersahabat dengan sesama cowok. Sedangkan cinta, meskipun sekarang pasangan lesbian ataupun gay bukan merupakan hal yang baru lagi, namun mencintai sesama jenis tetaplah merupakan hal yang dianggap aneh. Yang wajar adalah mencintai lawan jenis kita. Ya, cowok cinta dengan cewek ataupun sebaliknya.
Lalu, bagaimana dengan “perasaan memiliki” kita pada hal/orang lain? Semisal “saya mencintai pelajaran matematika” atau “Tino sangat mencintai orang tuanya”. Apakah perasaan itu juga disebut cinta? Benar, itu cinta. Namun, saya lebih suka menyebutnya rasa sayang. Rasa menyayangi, tanpa kita perlu ada komitmen dengan hal/orang lain itu.
Kemudian, seringkali kita mendengar rasa persahabatan yang kemudian berubah menjadi rasa cinta. Bagaimana itu bisa terjadi? Diawali rasa suka dan cocok dengan seseorang, kemudian timbul rasa percaya terhadap seseorang yang menimbulkan rasa persahabatan. Dengan sahabat, kita sering berbagi dan bercerita berbagai hal sehingga kita mengenal pribadi satu sama lain dengan baik. Kemudian pada suatu titik, kita merasa bahwa rasa memiliki dan berbagi dalam persahabatan tidaklah cukup untuk mengungkapkan rasa sayang kita padanya. Kita menginginkan rasa memiliki yang lebih luas, yaitu cinta. Rasa cinta ini semakin meluap-luap didorong kekaguman kita pada sosok dirinya. Maka di saat itulah, rasa persahabatan telah berubah menjadi rasa cinta.
Nah, kembali ke pertanyaan diawal pembahasan ini, lebih murni yang manakah? Cinta? Atau persahabatan? Silahkan jawab sendiri…..

(gathered from Persogie, chapter One)
dari diri ini : Akhiruddin kategori

3 komentar:

Anonim mengatakan...

cinta cinta cinta,,.
kebetulan banget.. baru posting soal cinta, eh malah baca topik senada di blog akiru.. ckckckc..

kalau soal cinta, kayaknya iki ggak bisa komentar banyak deh.. coz 4 me.. kata "cinta" itu sakral banget.. bahkan tidak bisa diucapkan ataupun diutarakan dengan mudahnya...

cinta hanya perlu untuk diperlihatkan dengan semua tindakan dan apresiasi yang dianggap tepat (*oleh seseorang yang sedang jatuh cinta*)..

Cinta hanya minta dirasakan.. bukan diucapkan.. :)

best regards,
rickisaputra

11 Desember 2007 pukul 16.20  
Anonim mengatakan...

"persahabatan dan cinta"....
cinta....
hal yang rumit tuk diungkapkan...
persahabatan bisa berakhir dengan cinta...
tapi apakah bisa sebaliknya....????

12 Desember 2007 pukul 10.26  
Akhiruddin mengatakan...

assalamualaikum both of you...
ricki and fhya... what a happy time....
tq buat input yang dah dikasih... i'm really excited...

buat icki :... sama dong, akiru juga gak bisa komentar banyak kalo soal cinta... cos cinta... is cinta... emang cinta buat dirasakan dan dibuktikan.. tul 'gak ki?

buat fhya : ...cinta berakhir dengan persahabatan?....hehehhe gak deng... tapi thx.. kayanya itu juga bakal jadi bahan topik yang asik.. tapi next time kali yah..?

si yu gays....tengkyu...

udah liat postingan terbaru?

Wassalam | Ada Akiru Disini

15 Desember 2007 pukul 15.36  
Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum